Senin, 07 Oktober 2013

Apa itu Web Hosting ?

Apa Itu Web Hosting ? - Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan maupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya berbasis  web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data yang berukuran megabytes (MB) hingga terabytes (TB) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simulation. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses secara bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Pada dasarnya sebuah server web hosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.oleh karna itu suhu dalam Ruangan Server harus tetap dingin.


Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, dedicated server, colocation server.


1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama-sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.

contohnya : Facebook, yahoo,dll.

2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

contoh : warnet


3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

contoh : perusahaan


4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

contoh : kampus

11 komentar:

  1. Nice info..

    Oh iyah, dari penjelasan Dedicated Server dengan Colocation Server, yang saya tangkap sepertinya ga ada perbedaannya. bisa ga lebih diperjelas lagi beda kedua server tersebut?

    makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dedicated server merupakan sebuah server yang dibeli dengan menyewa hardware atau server khusus untuk kita sendiri sehingga tidak di-shared dengan penyewa orang lain, dalam paket yang disewa tertera juga bandwitdh serta pilihan apakah akan menyewa staff tempat kita menyewa server atau kita manage semuanya sendiri .

      Sementara colocation server kita yang membeli sendiri, firewall, switch, setting dan install pun sendiri. Lalu juga memperkerjakan teknisi dan ahli server dalam memelihara server yang di miliki. Pembelian semua peralatan yang dibutuhkan dalam Colocation server tidaklah murah karena perusahaan besar tidak akan bertaruh dengan kualitas yang rendah untuk menopang bisnis perusahaan yang besar.

      Sistem colocation kita membeli sendiri hardwarenya kemudian dikirim ke data center untuk difungsikan sebagai server sedangkan pada dedicated server kita hanya membayar sewa hardware, koneksi internet dan support dari penyedia hosting.

      Colocation server cocok untuk sebuah perusahaan yang memiliki dana serta modal yang cukup dengan ditopang oleh sumberdaya yang akan menopang server dalam jangka waktu yang panjang. Maka wajar jika akhirnya hanya perusahaan besar dan bermodal tebal saja yang menyewa layanan ini atau jikapun ada perusahaan di luar itu mereka memiliki keyakinan dan analisis yang sudah mendalam mengenai keuntungan yang akan di dapatkan dari co-location server nanti sehingga tidak membebani modal serta sdm yang mereka keluarkan.

      Hapus
  2. wuihh..mantap infonya nih....td dijelaskan juga utk ruang server agar memiliki suhu yang dingin, kalo boleh tau apa yang terjadi kalo ruang server tidak dingin ??? pengaruhnya seperti apa terhadap kinerjanya ini..
    mohon pencerahannya, terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. proses pengiriman data akan menjadi lambat dan dapat memicu kerusakan server :D


      terima kasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  3. Kalau web hosting milik pribadi itu termasuk ke dalam jenis hosting yang mana mas?
    Kalau yang shared hosting kan, ada beberapa account yang berbeda, sementara yang pribadi kan satu account doang. Apa itu tetap termasuk shared hosting?

    Berkunjung ke http://dapatilmubareng.wordpress.com/2013/10/08/tau-cloud-computing-gak
    yah.. Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kemampuan kita mas apakah dana kita cukup untuk membeli web hosting tersebut.
      karena web hosting pribadi dan shared hosting merupakan kesamaan mas :D tergantung kemapuan :D

      Hapus
  4. lebih murah cloud computing karena Cloud computing memiliki prospek yang bagus terutama saat ditinjau dari manfaat ekonomisnya dan karena membeli perangkat lunak yang mahal, perusahaan dapat menghemat biaya dengan memilih layanan cloud computing sebagai gantinya.

    Itu sebab, cloud computing merupakan evolusi komputasi dan internet yang potensinya bisa dimanfaatkan untuk tidak hanya berbagi informasi tetapi juga jasa.

    Semua pembagian sumber daya dalam cloud computing menjadi mungkin melalui konsep ‘Application Programming Interface’ atau API yang membuat interaksi antara program komputer dari platform yang berbeda menjadi mungkin.

    BalasHapus
  5. Nice info mas bro.
    Klo misalnya di Indonesia contoh web hosting yang worth it itu apa iya?
    Selain gratis, kira2 aman juga gak digunakan?

    Thanks.

    BalasHapus
  6. klo keamanan sih tergantuk dari provaindernaya


    terimak kasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  7. klo keamanan sih tergantuk dari provaindernaya


    terimak kasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  8. Triton Ceramic or Titanium Flat Iron | Titsanium Art
    Triton Ceramic or Titanium Flat Iron. Thickness titanium headers and color. Open-all. Material: Stainless steel; titanium wedding rings Size: black titanium wedding bands 36 inches. Width: 26 inches. titanium undertaker Material: titanium auto sales Stainless steel; Weight: 18 ounces

    BalasHapus

jangan lupa tinggal kan jejak .. :D