Senin, 25 November 2013

Melihat Resource Program Dengan Menggunakan Reshack

Ini Hanya pembelajaran saja agar kita tau apa perintah - perintah apa saja untuk membuat suatu program. Tidak bertanggung jawab jika di salah gunakan.

Apa itu Reshack?

Sebuah software freeware/gratis yang fungsinya untuk mengedit file-file yang tidak dapat di buka oleh program-program biasa, seperti file dengan extensi (.dll, .exe, .cpl dan masih banyak lagi).

Kegunaan Reshack :

1. Melihat resources Win32 executable files (*.exe, *.dll, *.cpl, *.ocx) dan Win32 resource files (*.res) dalam format compiled ataupun decompiled.

2. Menyimpan resource dalam format (*.res), sebagai sebuah binary, decompiled resource scripts ataupun images. icons, bitmaps, cursors, menus, dialogs, string tables, message tables, accelerators, Borland forms

dan version info resources dapat disimpan dalam formatnya sendiri, apakah ingin disimpan menjadi image files atau *.rc text files.

3. Memodifikasi (mengubah atau mengganti) resources yang berbentuk executables ataupun resource files. Image resources (icons, cursors dan bitmaps) dapat diganti dengan image lain yang memakai format *.ico,
*.cur, *.bmp, ataupun *.exe. Dialogs, menus, string-tables, accelerators dan 4 message-table resource scripts (juga termasuk Borland forms) dapat di edit dan di-recompiled. Resources juga bisa diubah dengan resources dari file *.res selama resources yang akan digunakan untuk mengubah tipe dan namanya sama dengan resources aslinya.

4. Menghapus resources. Banyak compiler membuat resources di dalam aplikasi yang sebenarnya tidak pernah digunakan oleh aplikasi tersebut. Reshack bisa digunakan untuk menghapus resources yang tidak terpakai tersebut sehingga bisa memperkecil ukuran aplikasi. Menginstall dan mengunistall Reshack

“Resource Hacker™” tidak butuh diinstall. Anda hanya tinggal mengextract program tersebut. Reshack juga tidak membuat entries dalam Windows Registry. Untuk menghapus Reshack, anda tinggal mendelete folder yang berisi program tersebut.

Kelemahan Reshack

1. Reshack tidak bisa membaca resources yang formatnya masih 16-bit executables.

2. Reshack dicompiled menggunakan Delphi™ ver 3.02. jika ingin mendecompile ataupun merecompile Borland's Delphi forms di dalam aplikasi yang dicompile dengan menggunakan Delphi versi baru, kemungkinan akan terjadi error.

3. Jika digunakan untuk memodifikasi aplikasi yang telah dikecilkan dengan EXE compressor, Reshack akankesulitan untuk membaca resources tersebut. Akibatnya Reshack tidak bisa menampilkan resources types and names.

Sumber : http://orang-it.blogspot.com/2010/03/dasar-dasar-resource-hacker.html

4 komentar:

  1. Baru tahu nih tentang Reshack ini..

    Mau nanya donk ttg salah satu kelemahan Reshack yaitu Reshack tidak bisa membaca resources yang formatnya masih 16-bit executables. Format yang 16-bit executables itu maksudnya gimana yah? dan yang bisa dibaca oleh Reshack ini format yang berapa bit?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud dari 16-bit itu tidak mengunakan bahasa assembler
      yang bisa di buka untuk exe,dll, msi.

      Hapus
  2. Jadi menurut mas zayikin, reshack itu sebenarnya menguntungkan apa merugikan bagi sipengguna?

    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya berguna jadi kita tw maskud dari tujuan program itu dan kita juga bisa tw regedit yang akan di buat dan service yang di gunakan oleh software tersebut :D

      juga bisa mengecek apakah program tersebut rejangkit virus atau tidak :D

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus

jangan lupa tinggal kan jejak .. :D